Kalau teman-teman tahu tentang dongeng harta karun di ujung pelangi, berarti kemungkinan besar kita satu generasi. Warna-warni dan datang setelah hujan yang bikin bau tanah dan rumput jadi menyenangkaan sekali. Kemarin, ada double rainbow muncul di langit London. Tapi sayang, karena saya memutuskan di rumah seharian, saya tidak melihatnya…

Saya suka sekali pelangi. 

***

Juni adalah bulan keenam yang menandakan hampir setengah tahun sudah berlalu. Waktunya evaluasi target-target tahun ini. Juni juga bulannya hujan sudah hampir malu-malu turun. Banyak memori juga tercatat di bulan Juni.

Saya suka bulan Juni. 

***

“Tidakkah kamu melihat bahwa Allah menurunkan hujan dari langit lalu kami hasilkan dengan hujan itu buah-buahan yang beraneka macam jenisnya. Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka maam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat.” 
(Q.S. Al-Faathir: 27)

Tapi kini, pelangi dan bulan Juni menjadi representasi dari suatu golongan. Penggunaan warna pelangi kini menjadi sebuah dilema. Karena akan menjadi representasi dukungan terhadap gerakan tertentu. Pun dengan bulan Juni. Bulan Juni kini dimonopoli sebagai bulan selebrasi golongan tertentu. Yang membuat Tumblr dan berbagai media ramai bulan ini dengan warna dan konten-konten ‘pelangi’nya.

Rasanya sedih sekali…

Kita mungkin berbeda, tapi saya tidak ingin warna pelangi dimonopoli..
saya juga tidak ingin bulan Juni dimonopoli…

Saya mungkin berada di garis berlawanan dengan representasi warna pelangi yang ada saat ini. Tapi saya ingin tetap menyukai pelangi dan menggunakan warnanya. Mengenalkan pada anak-anak saya kelak bahwa pelangi adalah ciptaan Tuhan yang alangkah indah.

Saya harus menciptakan garis batasan antara representasi pelangi yang marak saat ini dan pelangi yang saya sukai. I will not say sorry for our different principle. 

Meskipun begitu, kita tetap berteman, ya? 🙂

London, 8 Juni 2017
Suci Fadhilah
#onedayoneayat

 

Leave a Reply

