Hi!
Hidup di kota sebesar London membuat biaya hidup di sini super duper tinggi. Bicara kebutuhan hidup paling mendasar manusia yaitu makan, di London, kamu bisa menghabiskan standar paling murah £4-5 (sekitar Rp 100.000) untuk sekali makan! Itu pun dengan menu chicken and chips ala-ala K*C yang tentunya kalau makan itu terus kurang sehat ya..

Nah, untuk menghemat pengeluaran, kebanyakan mahasiswa di London memasak sendiri. Bahan-bahan makanan di sini terhitung murah dan mewah loh kalau dibanding di Indonesia. Saya dan teman-teman satu rumah (kami totalnya ada 6 orang), bisa menghabiskan hanya £10 per minggu (Senin-Sabtu, makan siang dan malam) loh dengan  piket memasak bersama 🙂 Makanannya juga jadi bisa bervariasi setiap harinya.

Tapi, sudah seminggu ini saya dan teman-teman tidak full piket masak. Karena ada seorang teman yang sedang pulang ke Indonesia dan ada satu lagi yang sedang liburan ke Eropa. Jadilah saya harus memasak sendiri di beberapa hari yang tidak ada yang piket. Dulu, waktu sistem piket ini belum diberlakukan, saya merasa berat sekali harus memasak setiap hari. Menunya juga jadi itu-itu aja, bahkan kadang jadi serba instan dan berkali-kali di simpan di kulkas. Itu pun juga jatuhnya jadi masih tetap lebih mahal. huhu :”

Tidak mau kalau kembali ke zaman dahulu kala, saya mencoba mencari alternatif menu, dan taraa, lahirlah satu menu yang cukup simple, enak, bergizi, sehat, dan cepat juga buatnya. Ada dua menu yang sudah saya coba untuk minggu ini dengan bahan yang sama: Tumis Basa Fillet dan Basa Tiram Siram Tumis Udang. 

IMG_20170504_155124_346 (1)

Berikut rincian bahan utamanya:
1. Frozen Basa Fillets Morrisons Savers (isi 4 potong) £2
2. Wortel (250g) 60p (sen-nya poundsterling)
3. Brocolli (1 bonggol besar) 76p
4. Frozen Cooked & Peeled Coldwater Prawns (200g) £1.75 – sejenis udang kecil-kecil gitu
Total: £5.01

PS: harus sudah sedia garam, gula, lada bubuk, bawang merah, bawang putih, cabe merah/hijau, dan saus tiram sebelumnya ya~

Ohya, saya juga sedang program mengurangi karbo, jadi kalau makan nasi pun, pakainya beras merah. Beras merah (jenis basmati) per 1 kg itu harganya £1.77. Untuk dua kali makan, saya cukup satu canting beras. Jadi kalau sekilo, bisa dipakai untuk satu minggu loh~

Cara memasak:

A. Tumis Basa Fillet
1. Tumis 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah (di sini, bawang merahnya ukurannya besar-besar. Saya pakainya yang jenis Shallots ya), dan irisan cabe merah+hijau (sesuai selera) sampai harum.
2. Masukkan 1 potong Basa Fillet yang sudah dipotong lagi jadi bentuk dadu, tumis bersama dua sendok makan udang sampai setengah matang
3. Masukkan irisan wortel (wortelnya dua biji aja) kemudian tambahkan air secukupnya. Masak dengan api kecil sampai wortel empuk.
4. Masukan potongan brokoli kemudian masak dengan api kecil sampai semua bahan matang
5. Masukan garam, gula, dan lada putih bubuk sesuai selera~

Voila! Jadi deh untuk dua kali makan.

B. Basa Tiram Siram Tumis Udang
1. Tumis 2 siung bawang putih, 1 siung bawang merah (di sini, bawang merahnya ukurannya besar-besar. Saya pakainya yang jenis Shallots ya), dan irisan cabe merah+hijau (sesuai selera) sampai harum.
2. Masukkan 2 sendok makan udang kemudian tumis sampai setengah matang
3. Masukkan irisan wortel (wortelnya satu biji aja) kemudian tambahkan air secukupnya. Masak dengan api kecil sampai wortel empuk.
4. Masukan potongan brokoli kemudian masak dengan api kecil sampai semua bahan matang
5. Masukan garam, gula, dan lada putih bubuk sesuai selera~
6. Angkat tumis udangnya, sekarang siapkan wajan untuk memasak ikan
7. Tumis 2 siung bawang putih sampai harum
8. Masukkan 1 potong basa fillet (biarkan dalampotongan aslinya, hhi), masak dengan api kecil sampai setengah matang
9. Taburi garam dan baluri ikan dengan saus tiram (again, sesuai selera), masak dengan api kecil sampai saus meresap ke ikannya dan ikan berubah warna
10. Tiriskan ikan yang sudah matang, sajikan di piring, kemudian siram deh dengan tumis udang yang sudah dimasak sebelumnya~

Voila! Jadi deeh. Kalau yang ini untuk porsi satu kali makan.

Ohya, kedua menu ini bisa siap dalam kurang dari satu jam! 😀

Nah, sudah masak untuk tiga kali makan, tapi bahan yang tadi dibeli seharga £5 saja itu masih sisa banyak lho. Kira-kira masih bisa untuk masak 3-4 kali makan lagi 🙂
Bosan sih kalau menunya ini terus, tapi bisa jadi salah satu alternatif kalau bosan dengan menu ayam. Karena selama di London menunya sering banget ayam dan ikan terasa mahal sekali. Ayam memang lebih murah sih. Tapi, setelah nemu frozen fish fillets, jadi ada alternatif laiin. Ikan kan enak diapain aja, bahkan dikasih garam aja juga enak >< Ohya, ada jenis ikan lain juga lho. Kalau salmon dan cod harganya lebih mahal sedikit, £3. Kalau Haddocks, sama.

Selamat mencoba 🙂

PPS:
Ohya, Frozen Fish Fillets tetap sehat dan bergizi kook. Walau kadarnya ga sebaik yang fresh. Sumber: http://www.livestrong.com/article/395411-is-frozen-fish-healthy/ dan http://www.livestrong.com/article/557246-what-are-the-health-benefits-of-eating-fresh-vs-frozen-fish/ tapi ga boleh kalau untuk ibu hamil dan anak-anak yah

London, 4 May 2017
Ditulis di sini biar tidak lupa, dan siapa tahu bisa bermanfaat 😀
Siapa tahu nanti bisa saingan sama akun IG @cookingforhusband >.<

Advertisements

One thought on “Frozen Fish Fillet: Sahabat untuk Variasi Memasak Hemat di London

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s