Dear Zahra dan Niea: Perkenalkan ini DL2

Sudah dua minggu lebih sejak aku akhirnya resign dari DL2. DL2 adalah nama singkat dari lab tempat aku kerja selama kurang lebih sebelas bulan kemarin, Digital Library and Distance Learning di Fasilkom UI. Job-ku punya nama Asisten Riset. Secara umum, pekerjaannya adalah membantu dosen dan tim lab dalam pengerjaan penelitian yang berjalan saat itu. Melalui tulisan ini, aku mau menyampaikan sesuatu untuk kalian, sebuah cerita yang nggak semuanya bisa kusampaikan kemarin terakhir kali kita ketemu di lab.

20160728_144440
Konferensi DOED 2016 yang menutup dengan manis masa kerja Suci di DL2

Yang pertama, bekerja sebagai asisten adalah sesuai dengan namanya. Kita bertugas untuk membantu keseluruhan proses yang berjalan sepanjang penelitian berlangsung. Manfaatkan hal ini, bersiaplah untuk memasang sabuk putih di pinggang kita: belajarlah dalam setiap proses yang ada, listen carefully. Ada masa di mana aku benar-benar bengong dan tidak mengerti apa pun yang dibicarakan saat rapat. Macam-macam teknik analisis statistik lah, bedanya teori professor A dari buku X dengan professor D dari buku Z lah, dan sebagainya. Ada masa di mana aku merasa sangat lelah sanking betapa remah-remahnya ilmu yang kupunya walau dengan gelar S.Kom di belakangku. Jangan ya, jangan begitu. Beristirahatlah sejenak, tapi jangan lelah bekerja, jangan lelah belajar. Wajar jika kalian banyak bertanya, tapi jangan lupa juga untuk tidak selalu diam menunggu arahan.

Yang kedua, bangun relasi sesempit apapun Fasilkom tadinya ada di pikiran kalian. Iya, Fasilkom memang kecil sekali (tampaknya). Di lab kita apalagi. Nggak jarang aku kangen sekali dengan suasana kampus dulu. Suasana saat Fasilkom adalah Kawung: ke Fasilkom berarti bertemu Kawung, belajar sama-sama Kawung dan orang-orang di dalamnya. Tapi saat bekerja, semua berubah. Yang kita hadapi bukanlah orang-orang seusia kita saja lagi kebanyakan. Namun, bukan berarti kita sendirian dan tidak punya teman.

Pak Harry punya banyak sekali koleksi buku bagus dan keren. Jangan selesaikan satu tahun masa kerja kalian tanpa berhasil membaca satu buku pun dari rak beliau. Ngobrol deh soal ide-ide atau isu-isu seru, Pak Harry akan dengan semangat bercerita. Setiap selesai jadi pembicara atau pergi bertugas ke luar kota/negeri, jangan lupa ‘tagih’ cerita beliau ya🙂

Kak Lia adalah seseorang yang bisa belajar sesuatu dengan cepat, punya banyak pengalaman dan dedikasinya tinggi sekali. Walau begitu, kak Lia juga adalah pribadi yang hangat, yang tidak menggurui dan mendikte walau jelas aku masih jauh sekali di bawah beliau dalam banyak hal. Meski beliau sendiri punya banyak tugas dan tanggung jawab, aku berhasil dibimbing hingga kami bisa sama-sama belajar. Kalian juga anak pertama di keluarga ‘kan? Percaya deh, Kak Lia akan jadi kakak sosok perempuan yang sangat baik dan cerdas🙂

Lenovo_A1000_IMG_20160413_101257.jpg
Suci dan Kak Lia di konferensi CHI UX ID 2016. Nggak mungkin Suci bisa bicara di sana kalau bukan karena Pak Harry, Bu Kasiyah, kak Lia, dan kakak-kakak DL2. 

Kak Anggun sangat suka bicara soal uang, bisnis, dan orang-orang kaya. Kalau tidak sempat baca berita hari itu, coba saja tanya sama beliau. Jangan heran dengan kondisi mejanya ya, beliau memang orang sibuk yang bahkan frekuensi menerima telponnya hampir menyaingi telpon untuk Pak Harry :p Jelas, beliau ini paling senior di DL2. Kalau ada masalah kodingan dan sistem apa pun, tanya saja ke beliau ya.

Kak Fadly adalah orang paling perfeksionis soal desain yang aku tahu. Beliau akan sering bertanya apakah desainnya sudah cukup bagus atau belum. Beliau ini punya jam terbang yang tinggi sekali soal desain dan animasi, sampai pernah kerja di Singapura sana. Kalau harus cari orang yang paling passion dengan desain sampai berulang kali bolak-balik berbagai percetakan untuk nyari mana yang punya kualitas cetak paling bagus, aku belum pernah nemu yang lebih rela capek dari Kak Fadly sih. Yang rela begadang di lab dan baru pulang jam 4 pagi untuk bikin video opening DOED padahal nggak ada yang minta. Aku belajar soal kerja maksimal, ya dari beliau ini.

Pak Rizal yang meski harus bolak-balik Depok-Salemba tapi tetap sering sekali datang paling pagi di lab, Pak Asep yang selalu semangat bekerja memastikan tempat kerja kita bersih walau dulu sempat off karena kecelakaan, Mas Sholeh yang walau pusing banget dengan segala laporan pertanggungjawaban tapi masih selalu tersenyum, dan banyak sekali orang-orang baik baru di sekitar kita nanti.

Beliau-beliau tak hanya akan menjadi guru untuk teman-teman karena ilmu dan pengalamannya, namun juga menjadi sahabat-sahabat kalian🙂

Yang ketiga, aku melakukan banyak kesalahan selama masa kerjaku. Percayalah, kerjaku jauh dari sempurna. Untuk itu, aku minta maaf pada kalian jika kalian temukan error yang tak seharusnya ada. Aku masih belum memanfaatkan waktu dengan maksimal. Aku masih sering membuat Pak Harry menunggu, membuat Pak Harry cemas karena kerjaanku masih belum selesai beberapa waktu menjelang deadline, banyak bingungnya, menyajikan hasil kerja yang terlalu apa adanya, dan banyak lagi. Tapi aku percaya dan berharap, kalian bisa memberikan dan belajar menjadi jauuh lebih baik lagi. Maafkan aku, dan terima kasih karena sudah mau belajar.

IMG-20160801-WA0011.jpg
‘Serah Terima Jabatan’, hihi
IMG-20160801-WA0005.jpg
Niea – Suci – Zahra

Selamat dan semangat mengemban amanah, adik-adik rajin dan baik hati.

Bandara Lampung,
Suci yang baru selesai menulis countdown.

5 thoughts on “Dear Zahra dan Niea: Perkenalkan ini DL2

  1. Kyaa ka Suci tulisannya :”” semangat kakak doakan kami yahh😀 Kaka juga semangat yaa menimbs ilmunya jangan lupa cerita2 kaa😀

  2. Mantap, Suci (y)
    Dulu pernah punya cerita juga sama kak Lia pas awal2 di FMSE. Kak Lia emang kakak yang baik & menyenangkan😀
    Btw, selamat menjadi petualang ilmu di belahan sana ya🙂
    Ditunggu cerita-cerita serunya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s