“Kado” Dari Komunitas PerEMPUan :)

Hari ini, saya mengikuti sebuah seminar yang bertemakan peran perempuan dalam masyarakat. Pada salah satu sesi seminarnya, si pembicara mengawali materinya dengan bertanya pada peserta seminar: “Siapa yang di ruangan ini, seumur hidupnya belum pernah sama sekali menjadi korban pelecehan seksual dalam bentuk apapun?”. Saya mengangkat tangan dengan wajar. But, surprisingly, ternyata hanya 3-5 orang yang mengangkat tangan dari sekitar 50-an orang peserta seminar.

Baru hari ini, saya tahu bahwa ternyata kasus pelecehan seksual ini begitu sering terjadi. Dan baru hari ini juga, saya tahu bahwa isu pelecehan seksual ini ternyata sulit sekali ditindak! Padahal, efek yang dirasakan korban bisa sangat traumatis T_T

Di akhir sesi, saya mendapat booklet ini dari pembicara yang merupakan founder dari komunitas Kita Perempuan. Membacanya membuat saya pelanga-pelongo sendiri. Ternyata, banyak sekali modus operandi pelaku dan bisa terjadi di mana saja…

Seketika, saya jadi merasa bersyukur dengan proteksi (yang-begitu-amat-dan-kadang-nyebelin-banget-tapi-ya-gimana-namanya-juga-sayang-terus-ya-suci-harus-nurut-dong) orang tua terutama ayah dan orang-orang terdekat sama saya. Semoga senantiasa terhindar dari kejahatan-kejahatan.. Aamiin..

“May He always protect you in every second..”

Aamiin 🙂

PS:
Saya “diharamkan” oleh sang penulis untuk memiliki booklet ini sendiri. Saya diwajibkan untuk menggilirkan booklet ini kepada perempuan-perempuan lain di sekitar saya, terutama yang sering commute dengan menggunakan angkutan umum. Berhubung saya dikasih bookletnya cuma satu, jadi teman-teman yang aksesnya jauh sama saya saat ini, silakan unduh soft copy-nya di sini yaa.
In syaa Allah, sangat bermanfaat 🙂

PSS:
Beberapa waktu yang lalu, saya nonton JDorama bertema politik dan hukum gitu, yang salah satu episodenya membahas mengenai susahnya tidak lanjut kasus pelecehan seksual ini di ranah hukum :”””. Hukumnya, hukum Jepang sih..Link-nya di sini: www.youtube.com/watch?v=Vn7XCwFyvu8
Semoga di masa depan, Indonesia bisa punya hukum tegak dan jelas (nggak ngerti istilah hukumnya apa) yang bisa melindungi perempuan dari tindakan-tindakan jahat semacam ini ya :” Aamiin…

4 thoughts on ““Kado” Dari Komunitas PerEMPUan :)

  1. ‘korban pelecehan seksual dalam bentuk apapun’. Itu pelecehan seksual dalam arti yg sempit atau luas tuh mba sampe banyak yg ga angkat tangan? :O
    Kalo termnya luas kaya di UU-nya sih, saya juga termasuk korban. Karena hal apapun yg nyebabin ga nyaman karena perilaku orang lain terkait dilecehkan itu bisa dikatakan pelecehan seksual, dan yg namanya dapet siulan iseng atau lirikan hawa nafsu itu pernah didapet dan saya kategorikan pelecehan seksual buat saya😦.

    Btw tanks ya mba sharingnya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s