[UPDATE] Menapak Bandung: Kerja Praktik di PT. Pinteraktif Media

Pagi itu aku masih tak mau beranjak dari kasur itu. Dinginnya udara menusuk hingga ke ubun-ubun. Rasanya tidak sanggup kalau harus melipat selimut tebal ini lalu membiarkan indera peraba di sekujur tubuh bersentuhan dengan air. Huah, tapi aku harus bangun. Ya, aku harus mencari sebuah alamat pagi ini.

Saat itu pukul 07:00 WIB. Semalam aku baru saja sampai di kosan ini pukul 23:00 WIB. Bisa dibayangkan bagaimana zombie-nya pagi itu.

“Lurus kang, lurus. Iya iya habis ini belok ke kiri. Eh nggak nggak ke kanan ke kanan! Eh tapi tunggu tungguu! Kok kebalik. Aaaa salah kang harusnya tadi di pertigaan tadi kita beloknya ke kanan. Haduuuh punten kang..”

“Aduh si eneng. Ini udah bener nih jalan yang depannya ada batik-batiknya di lingkungan ini semua, nggak mungkin balik ke jalan besar lagi!”

“Iya kang, nah iya itu. Duuh, hmm, coba tanya orang sekitar kali ya kang.”

Aku lupa, aku agak kurang bersahabat dengan arah. Hmm, untung dewa Google punya Google Maps.

***

Pukul 08.00 WIB aku sampai. Agak sedikit terkejut karena dari namanya kukira aku akan sampai di sebuah jejeran ruko. Ternyata yang kutemui malah bangunan selayaknya rumah keluarga yang disulap menjadi sebuah kantor.  Namun tampaknya aku tiba terlalu pagi. Rumah itu tampak sangat sepi.

“Eneng yang mau magang itu ya?”, tiba-tiba seorang pemuda menyapaku.

“Eh, hmm, iya kang. Mau ketemu teteh HRDnya”, balasku dengan sedikit senyum. Dilanjutkan dengan kang Iman–begitu namanya setelah memperkenalkan diri–mempersilakan aku masuk dan menunggu, sambil menyajikan secangkir teh hangat untukku.

Nah, ini yang aku butuhkan pagi ini.

***

Hue, udahan ah nulis sok puitisnya. Yang nulis beginian biarlah Dipta Tanaya saja #eh #sebutmerek. Setelah dibaca lagi aneh juga. Hoho. Oke, jadi akhirnya berkesempatan juga untuk menulis di halaman ini! Perkenalkan, gw Suci Fadhilah, angkatan Kawung 2011 (kali aja yang baca ada yang dari Angklung atau Astro atau Orion gitu). Alhamdulillah sudah selesai menjalani kerja praktiknya pada Juni-Agustus 2014 lalu.

Ceritanya mulai dari mana ya? Hmm mungkin cerita sedikit kenapa pada akhirnya bisa KP di Pinteraktif. 

Jadi, sekitar bulan Maret 2014 gw alhamdulillah berkesempatan buat ikutan semacam seminar UX gitu. Nah, salah satu materi yang disampaikan adalan mengenai Learning Experience Design. Setelah tergelitik karena baru mendengar istilah itu, gw mencoba memberanikan diri untuk ‘PDKT’ ke sang pembicara, Ms. Eunice Sari. Gw juga tertarik untuk bisa mempelajarinya lebih jauh. Jadi, gw email deh Mba Eunice yang ternyata juga seorang dosen di sebuah universitas di Australia sana. Gw mencoba menanyakan juga kali-kali ada opportunity untuk KP sebagai research assistant di universitasnya. Eh, sayangnya di Australia sana research assistant biasanya anak-anak internal universitas. Kemudian beliau merekomendasikan gw ke Perusahaan koleganya di Bandung yang katanya bergerak di industri learning experience. Yaps, itulah Pinteraktif!

Setelah dari Mba Eunice, gw melanjutkan perbincangan seputar KP di Pinteraktif secara personal dengan teh Ririn, HRDnya Pinteraktif. Gw diminta untuk membuat sebuah proposal KP yang berisi latar belakang KP, durasi, bidang dan tujuan dari KP yang mau dilakukan. Selain itu diminta untuk mengirimkan CV dan surat rekomendasi dari fakultas. Syaratnya itu saja sih, dan akhirnya gw diterima deh KP disana. Dan dimasukkan ke divisi konten, di bawah jajaran para Creative Team. Yeah.

Apa yang gw lakukan selama KP?
1. JALAN-JALAN! HOHOHO. (Eh tapi ini serius loh. Mari lanjutkan di paragraf-paragraf setelah ini ya!)
2. Ngobrolin Sherlock Holmes sama penyelia
3. Surprise ulang tahun
4. Main sama kucing kantor
5. Wisata kuliner
6. …

Oke, oke gw balik ke serious mode -_-

Jadwal KP gw adalah dari Senin – Jum’at dari jam 09.00 WIB – 16.00 WIB. Sebenarnya jam kantornya sampai jam 18.00 WIB, tapi gw mengajukan sampai jam 16.00 WIB di proposal dan alhamdulillah dikabulkan. Berhubung katanya serem banget Bandung kalau malam-malam dan jarak kantor-kosan yang cukup jauh, sujud syukur banget deh dikabulin :”)

Nah, di minggu pertama KP setelah pengenalan perusahaan, gw diminta untuk mempresentasikan apa yang gw ketahui tentang LXD, UX, Interactive Learning Media, dan HCI. Jadi, semacam preparation week gitu lah ya. Penyelia gw pengen tau knowledge gw sebatas apa sebelum memberikan gw kerjaan atau memberikan gw input knowledge lainnya (tipikal instructional designer banget kan ya :”D). Setelah minggu ini lewat, akhirnya gw dikasih topik KP deh. Intinya sih gw diminta untuk membuat sebuah mini research gitu apakah workflow produksi konten E-learning di Pinteraktif sudah sesuai dengan prinsip-prinsip ilmu yang sudah disebutkan di atas. Kalau belum, gw diminta untuk memberikan rekomendasi. Selama melakukan research ini, gw bebas nimbrung ke proses produksi manapun dan bebas meng-interview siapapun (plus bebas mencari sumber ilmu dari manapun). Hoho. Output dari research ini nanti ditulis dalam sebuah paper dan dipresentasikan di hari terakhir masa KP.

Jadi, Suci nggak ngoding? NGGAK SAMA SEKALI. :”””

Tapi, banyak banget hal baru yang gw pelajari di sini. Hmm, karena sebelumnya gw juga terlibat dalam pembuatan konten dari BELING yang dirintis bersama temen-temen di Sunsquare, lewat Pinteraktif gw jadi belajar banyak soal bagaimana sebenarnya membuat sebuah konten e-learning dengan baik dan benar. Nggak cuma sekadar menumpahkan ilmu ke dalam sebuah media komputer, jauh jauh dan jauuuuh dari hanya sekadar itu. Gw belajar soal bagaimana memetakan target pembelajar, bagaimana membuat Content Mapping, membuat Storyline dan Storyboard untuk learning media dengan baik, dan sebagai sebangainya. Ohya, gw juga belajar ilmu baru yang namanya Instructional Design. Ampe getol banget mantengin dua thesis terkait Instructional Design selama dua hari gara-gara Pinteraktif. Hmm, mungkin buat temen-temen Fasilkom apa yang gw kerjakan di KP ini agak asing ya.. Tapi, kalau perhatian, ada loh mata kuliah yang namanya Pembelajaran Berbantuan Komputer (PBK) di Fasilkom. Nah, KP gw ini full implementasi dari mata kuliah itu :))

Jadi, KP di Pinteraktif asyik, ci?

Asyik banget kalau bisa gw bilang. Di Pinteraktif walaupun gw satu-satunya anak magang di divisi gw, gw nggak diasingkan kok. Gw selalu diajak ke acara-acara internal Pinteraktif. Meskipun ya karena gw ngerjain topik ini sendirian, nilai kerja sama tim dalam borang penilaian oleh penyelia nggak bisa applicable. hhe. Pinteraktif menjunjung tinggi kekeluargaan. Di sana semua membernya kayak temen gitu. Ada kok struktur atasan-bawahan, tapi itu nggak membuat yang bawahan segan sama yang atasan atau gimana. Semua tampak menyenangkan, tapi tetap profesional. B)

Terus, Bandung gimana, ci? Nah, ini lanjutan dari poin 1 tadi. Hehe. Alhamdulillah banget bisa merasakan Bandung dibawah kepemerintahan pak Ridwan Kamil. Terlepas dari weekend dengan macetnya yang ampun-ampun, gw bisa 100% setuju bahwa Bandung adalah satu dari sekian kota yang paling nyaman untuk ditinggali. Kota Bandung cukup rapi dengan tidak adanya angkot-angkot yang berhenti di sembarang tempat. Yah, walaupun dinginnya bikin hidung membeku. Hoho. Selama KP malah banyak ‘riset’ tentang kota Bandung. Beberapa kali tidak beruntung ‘ditipu’ supir angkot (bilangnya ‘iya neng, lewat sana kok lewat’, tapi abis itu diturunin di suatu jalan terus ‘nah, abis dari sini eneng lanjut naik angkot yang pink itu ya’, hiks), akhirnya gw menghafalkan beberapa rute angkot, bahkan sampai donlot aplikasi angkot Bandung. Ohya, urang Bandung juga asli ramah-ramah deh. Biasanya gw takut kalau sudah di angkot sendirian aja. Eh, selama di Bandung malah sering diajakin ngobrol sama supir angkotnya.

Lalu, cerita apa lagi ya? Hmm, yasudah ditutup dengan beberapa tips saja deh:

  1. Manfaatkan kesempatan KP untuk menggali ilmu baru sebanyak-banyaknya ya. Hehe. Tanya-tanya banyak hal ke temen-temen kantor.
  2. Buat yang nggak biasa punya rutinitas 9-18 (setiap hari harus ke kantor dan duduk diam di depan komputer), harus pinter-pinter cari ‘kegiatan lain’ untuk bikin mood di kantor tetep baik.
  3. Siapin banyak uang receh kalau mau KP di Bandung. Hoho. Soalnya bakal sering naik angkot (kecuali kalau punya kendaraan ya).
  4. Akan lebih asyik lagi kalau kamu punya kenalan di Bandung untuk tempat tinggal sementara, soalnya kosan di Bandung relatif mahal.
  5. Hafalin rute angkot, soalnya di Bandung banyak jalan one way dan rute angkot berangkat dan pulangnya itu beda.
  6. Bawa pakaian yang tebal-tebal ya. Siap sedia tolak angin buat kamu yang nggak terbiasa tinggal di daerah yang sejuk seperti Bandung. (Gw lahir dan besar di kota yang lumayan panas, jadi sering banget masuk angin selama hampir tiga bulan di Bandung. hiks)
  7. Karena jarak Depok-Bandung cukup jauh, pastikan semua kelengkapan dokumen yang harus dilaporkan ke fakultas selesai sebelum balik lagi ke Depok. Dari mulai LUP, tanda tangan di log, sampai nilai dari penyelia🙂
  8. Pas presentasi KP nggak usah tegang. Hoho. Pastikan cerita bahwa ada sesuatu yang didapat dari KP ini.
  9. Kalau sudah mulai mau jilid-jilid laporan KP, jangan menyerah mencari tempat hard cover yang murah ya! Hoho. Soalnya ada yang sampai 50 ribu gitu. Kalau gw kemarin dapet yang 20 ribu, walau nggak bisa langsung jadi, tapi paling nggak sehari udah jadi kok.
  10. Menyelesaikan dokumen-dokumen KP memang bisa jadi membosankan. Tapi laporan kita ini nantinya bisa jadi acuan oleh banyak orang terutama junior-junior yang akan melakukan KP nantinya. So, tetap semangat membuat laporan yang keren!🙂

Yosh, sekian cerita-ceritanya!

Ini foto-foto bonusnya :))

Teman-teman seruangan :)
Teman-teman seruangan🙂
Penyelia saya, Teh Hawa yang catik :
Penyelia saya, Teh Hawa yang catik :”)
Setelah Final Presentation di hari terakhir KP
Setelah Final Presentation di hari terakhir KP

Dan Bonus lagi, presentasi-presentasi yang saya buat selama KP bisa diakses di sini:
1. Interactive Learning Media and Learning Experience Design
2. User Experience Design and Human Computer Interaction
3. Content Development

BONUS LAGI!
Alhamdulillah diizinkan untuk berbagi pengalaman KP di COZORA sama pakbos-pakbos itu. hhi. Selamat menikmati di sini🙂

Semangat semuanya!

Regards,
Suci Fadhilah
1106014740
Ilmu Komputer UI, 2011

One thought on “[UPDATE] Menapak Bandung: Kerja Praktik di PT. Pinteraktif Media

Leave a Reply

