10 Hari Lagi

Sudah hampir dua bulan sejak saya meninggalkan tanah melayu.
Sudah hampir satu bulan saya menjalani semester delapan yang sedari lama ditunggu-tunggu.

“Which part of the world do you want to change?”

Dari dulu, saya selalu ingin menuntut ilmu jauh-jauh. Saya ingat sekali, sampai Oktober 2014 lalu, rencana di kepala saya soal mau kemana saya setelah lulus masih belum berpindah.

Tapi terima kasih, Suci. Terima kasih karena sudah belajar ikhlas. Sudah percaya bahwa Allah punya skenario yang lebih baik daripada rencana manusia.

***

“Iya, boleh. Iya, nanti. Iya, tapi yang lain. Jawaban do’a selalu iya.” – Mutia Prawitasari dalam Teman Imaji

Satu tahun yang lalu, saya melayangkan sebuah do’a agar bisa exchange ke suatu universitas di Jepang yang jadi target S2 saya. Saat itu, jalannya sudah sempat dibukakan. Sudah sempat membuahkan harapan besar. Namun, apa daya ternyata jawaban-Nya saat itu saya kira adalah “Iya, tapi yang lain”. Saya pun menjalani 6 bulan di tanah melayu sebagai gantinya. Dan tentu, tidak pernah saya sesali dengan segala kisah dan pembelajarannya.

Tapi ternyata… jawaban-Nya yang sebenarnya adalah: “Iya, nanti”.

***

10 hari lagi dari hari ini, insyaaAllah akan melangkah ke gerbang Tokyo Institute of Technology. Memang bukan untuk exchange, bukan untuk S2 juga. Alhamdulillah, Allah Yang Maha Keren mengizinkan.. Terima Kasih ya Allah..

10 hari lagi, dan sebuah ketakutan hadir.. Karena akan ada yang berbeda dari perjalanan-perjalanan sebelumnya..

“Selamat ya, obaachan. Akhirnya janjiku membawamu pulang ke kampung halaman bisa segera kupenuhi :)”

***

2015. 

Dengan sebuah peta hidup yang baru juga…

Dengan sebuah do’a yang kini tak henti dilayangkan.

***

Maka Suci, tidak pernah boleh berhenti berdoa, percaya, dan berusaha.
ya’kan?🙂

“Which part of the world do you want to change?”

Teruslah berjalan dan mencari, insyaaAllah nanti akan jelas jawabannya.

Leave a Reply

