I am a Girl, and I am a Computer Science Student, so what? :)

“Uni ‘kan perempuan… Masuk Informatika nanti jadi apa kerjanya?”
Ini respon ibu saya saat saya mengutarakan niat saya untuk masuk STEI dulu.
Hohoho. Ya.. Sebagai perempuan, mencoba menekuni bidang yang mayoritasnya digeluti oleh pria memang sebuah tantangan yang.. Hmm.. kata apa ya yang pantas merepresentasikannya?
Di jurusan saya, ilmu komputer, kalau lihat porsi kelasnya, satu pertiga lebih deh sepertinya perbandingan perempuan-laki-lakinya.

Daan.. ya…
Nggak bisa dipungkiri butuh effort yang sangat besar untuk bisa bertahan di tahun-tahun awal berada di jurusan ini.

“Ayo kita bikin kelompok cewe-cewe ilkom anti suram!”
Ini motto saya sejak tahun ketiga (saat Ilmu Komputer dan Sistem Informasi sudah dijuruskan ke peminatan masing-masing dan mata kuliah ilkom makin menjadi menguras otaknya. hoho) dan saya menyerukannya pada para teman perempuan yang ada di jurusan ilkom juga. Tiap ada tugas, kita berusaha untuk bisa mengerjakannya bersama-sama.

Terkadang, suka sedih kalau ada tugas kelompok dan jadi satu-satunya perempuan di kelompok. Pasti kebagiannya bikin laporan.
“‘kan lo cewe, ci”.
Hmmm….

Mungkin, sama seperti Sawamura-chan di Magic File ini. Saat menjadi minoritas, satu hal yang perlu kita lakukan adalah membuktikan bahwa kita juga mampu bukan?
Membuktikan, bahwa kita spesial dan tetap bisa diandalkan…

(Videonya cukup panjang, satu episode sih. Tapi worth to watch kok🙂 )

PS:
Pas banget lagi mikirin masa depan sebagai cewe computer science
Pas banget lagi kangen nugas dan belajar bareng-bareng sama cewe-cewe ilkom
Pas banget lagi kangen Shinichi #eh

4 thoughts on “I am a Girl, and I am a Computer Science Student, so what? :)

      1. kakaaak itu fotonya kok bagus siih kayak tongkat bintang raksasa gitu :”””

        ah kak, aku pengen cerita, tapi malu ceritanya :”(

        aku nggak ngerti kenapa semangat ini kadang2 terdegradasi… T.T

      2. Iya fiiit keren kaan. Itu di Gardens By The Bay SG :”)

        Aku juga nih fit dua hari kemarin semangatnya lagi kacau banget… Tapi alhamdulillah sudah kembali :”

        Ato kamu juga harus kembali semangatnyaa!!

        WA aku saja saaay
        Ditunggu ceritanya😉

Leave a Reply

