System Thinking and Concept: PR Suci

Ceritanya, di FTSM (Fakultas Teknologi dan Sains Maklumat, Fasilkom-nya UKM) semester ini saya mengambil satu mata kuliah yang namanya System Thinking and Concept. Kuliah ini mengajari kita untuk berpikir seperti sistem: segalanya harus ada loop-nya. Ya, intinya sih mengajari kita untuk berpikir lebih simple, sistematis, dan melihat sesuatu dari berbagai macam sudut pandang. Kalau menurut kuliah ini, karena semua variable yang berperan dalam suatu masalah itu penting dan berkaitan satu sama lain, kita harus bisa berpikir menyeluruh: sebab-akibat, nggak linear, mencakup keseluruhan sistem, tapi dengan se-simple mungkin.

Minggu ini, saya sudah melewatkan satu tugas tutorial. Menggambar sebuah Causal Loop Diagram. Tidak terlalu sulit, kok. Iya, tampaknya mudah karena ‘hanya’ harus memindahkan sebuah soal cerita menjadi sebuah diagram yang ‘pokoknya ada loop-nya’.

But wait,
Coba kita lihat lagi learning objective dari mata kuliah ini:
This subject aims student to think like a system.

Tutorial 1 sih lewat ya, ci..
Tapi kok belum bisa berpikir seperti sistem sih?
Tapi kok ya masih suka ribet sendiri sih, ci?
Terus lebih parah lagi kalo ribetnya ngerepotin orang lain…
Apalagi…

Huah.
Ayok ci, berubah bersama mata kuliah ini!
Harus A, dan harus bisa berpikir dengan lebih efektif dan efiiisieeen dalam segalaa haaal!
Yeaaaaaaah!!
Aamiiin

Ayo diimplementasikan ilmunyaaa >__<

Ya Allah, bantuin hamba ya :"

Ayo jadi lebih baik!
Karena semua hari itu sama dalam satu tahun
Karena Anda bukan Ran Mouri yang bisa menghabisi siapa saja dengan tendangan berputarnya atau Haruno Sakura yang bisa bikin bonyok siapapun dengan tinjuan mautnya
Karena Anda juga bukan Kaito Kid yang pandai memasang Poker Face

Karena semua hal bisa dibuat menjadi mudah dan sederhana! Yeaah!

Tapi yang pasti.. tolong tetap jujur..
Karena saya juga bukan Sherlock Holmes yang ahli berdeduksi dan berpikir bagaimana orang lain berpikir…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s