AUN Student Exchange Program: Keliling ASEAN yuk! :D

“Jadi, minggu ini kita mau kemana?”
“Genting Highland yuk, katanya keren loh!”
“Oh, yang ada cable car-nya itu? Mauuu! Eh kemarin gw juga udah kelar keliling KL”
“Duh, tapi agak mahal itu.. nabung dulu. Yang entrance-nya gratis ada gaaak?”
“Plis plis ayook ke Thailand!”
“Duuh pengen banget parah ke USS!!”

Yap, yang di atas itu hanya segelintiran percakapan kami para exchange student di Malaysia saat kumpul beberapa hari yang lalu. Sedikit lupa soal untuk apa sebenarnya tujuan kami dikirim ke negeri ini. Malah kepikiran keliling ASEAN. Huehe. Padahal mata kuliah saja belum semuanya fix, sudah bikin target jalan-jalan selanjutnya :p

Ceritanya cukup panjang sampai saya akhirnya bisa jadi salah satu peserta AUN Student Exchange Program ke Universiti Kebangsaan Malaysia untuk semester ini. Tapi, di post ini tentu saya nggak akan cerita panjang lebar soal itu. Saya ingin mengenalkan program yang sudah kembali dibuka oleh International Office UI ini. Karena saya yakin, belum banyak yang mengetahui bahwa ada loh kesempatan jalan-jalan belajar gratis ke Universitas di luar negeri padahal masih berstatus mahasiswa di UI. hoho.

So, AUN Student Exchange Program ini adalah sebuah program pertukaran pelajar yang dibuat atas kerja sama persatuan universitas-universitas di ASEAN. Universitas Indonesia, adalah salah satunya. Semua mahasiswa di universitas yang tergabung di komunitas ini berkesempatan untuk merasakan kuliah di universitas lainnya selama satu semester. Dengan beberapa persyaratan dan proses seleksi tentunya. Nah, enaknya adalah, satu aplikasi kamu bisa langsung dipakai untuk meng-apply ke maksimal 3 universitas di 3 negara yang berbeda sekaligus. Dan tahukan kamu? Program AUN Student Exchange untuk tahun 2015 sudah mulai dibuka loh, dan deadline-nya adalah tanggal 30 September ini! Yeah.

Saya nggak akan panjang-panjang menuliskan persyaratan dan requirements-nya di post ini karena kamu bisa langsung cek dan catat dari official website International Office UI dan sign up langsung ke website AUN ACTS. Disini, sebagai salah satu orang yang alhamdulillah berkesempatan untuk mengikuti program ini, saya ingin berbagi beberapa hal, walaupun baru sekitar dua minggu berangkat ke Malaysia. hhe.

Yang pertama, sudah banyak kok mahasiswa UI yang berangkat exchange melalui program ini. Tahun lalu, dari Fasilkom UI sendiri ada kak Ikhsan Rahardian yang juga ke UKM (Malaysia), dan ada juga kak Raja Oktovin yang ke NUS (Singapore). Untuk tahun ini, selain saya, ada juga Arya Aditya Purbadi dari Kimia UI yang ke Universiti Malaya (Malaysia), dan tiga orang lagi (tiga-tiganya dari FISIP UI) yang ke Thailand. Jadi, banyak kok yang bisa dijadikan tempat berkonsultasi kalau kamu tertarik akan program ini. Ohya, tapi FYI juga, kuota untuk program ini nggak terlalu banyak, setiap tahunnya satu universitas hanya akan mengambil 10 orang dari seluruh applicant se-ASEAN. Karena itu biasanya dari IO UI sendiri hanya akan merekomendasikan 1 orang di 1 universitas.

Lalu, walaupun negara-negara di ASEAN punya bahasa ibu-nya masing-masing (kecuali Singapura yang bahasa nasionalnya memang bahasa inggris), kamu nggak perlu khawatir karena semua universitas yang tergabung di program ini memiliki program international yang kuliahnya fully conducted by English. Di UKM sendiri, di FTSM (Fakultas saya di UKM, Fasilkom-nya kalau di UI. hho) semua kuliahnya memang full by English, termasuk untuk local student. Tapi kamu juga tetap harus aktif mencari informasi apakah fakultas yang berkaitan dengan jurusan kamu itu memilihi international program atau tidak.

Hal yang nggak kalah penting adalah soal transfer sks. Harus pay attention banget soal mata kuliah-mata kuliah yang akan diambil, apakah nanti sks atau credit-nya bisa ditransfer atau tidak. Terutama jika kebutuhan sks kamu masih cukup banyak. Nah, ini harus kamu konsultasikan ke bagian akademik fakultasmu di UI. Kalau di Fasilkom, kamu nantinya akan diminta untuk mengirim semacam silabus dari kuliah yang kamu ambil di universitas exchange kamu (yang disebut Host University) sebagai bahan pertimbangan apakah credit dari mata kuliah itu bisa ditransfer ke sks kamu di UI atau tidak.

Ohya! Yang paling penting lagi, kamu nggak perlu khawatir soal pembiayaan, soalnya semua biaya yang kamu keluarkan dari berangkat sampai pulang lagi nanti akan sepenuhnya dibeasiswai. AUN memiliki sistem yang agak berbeda dengan banyak program exchange lainnya. Tidak seperti YSEP dari Tokodai atau TF-LEaRN dari NTU yang beasiswanya full dari Host University-nya, di program AUN kamu akan dibeasiswai oleh UI dan juga Host University. Host University akan memberikan beasiswa berupa tuition fee, yang artinya kamu bebas kuliah di sana tanpa dipungut biaya sama sekali. Nah, UI akan memberikan beasiswa untuk keseluruhan keperluan lainnya seperti tiket PP, Visa, Student Pass, akomodasi, bahkan sampai living cost. Tapi kamu tetap harus punya saving, karena proses pencairan beasiswa ini memerlukan waktu yang lumayan lama dan kamu harus menyiapkan banyak dokumen sebagai bukti untuk pencairan beasiswa.

Terakhir, setelah kamu melewati semua tahapan seleksi dan dinyatakan diterima di program ini, satu proses yang akan sangat memakan waktu adalah proses perizinan studi ke luar negeri yang harus kamu lakukan sendiri ke Mensetneg. Prosesnya cukup panjang, nanti saya akan bagikan di artikel yang berbeda. Namun meskipun begitu, semua perjuangan persiapannya insyaa Allah terbayar kok, dan mba Nisa dari IO UI yang bertanggung jawab akan program ini juga sangat terbuka untuk membantu kita dalam setiap prosesnya.🙂

Okedeh, mungkin segitu saja sharingnya. Ayo dicoba apply ya, deadline-nya nggak lama lagi loh! Merupakan sebuah kesempatan yang menurut saya cukup sayang sih untuk dilewatkan. Saya sendiri walaupun mungkin walau Malaysia bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan Indonesia dari segi budaya dan bahasa, sampai hari ini bisa merasakan banyak hal baru dan ternyata tetap butuh waktu yang lumayan lama untuk beradaptasi.  Semangaat!😀

???????????????????????????????
Suci (Fasilkom UI-FTSM UKM), Ratna (FE UBAYA-FEP UKM), Hanif (FIB UI-UM), Arya (FMIPA UI – UM)

5 thoughts on “AUN Student Exchange Program: Keliling ASEAN yuk! :D

  1. Wah pas bgt nih saya lagi cari program student exchange, salam kenal kak saya yasmin mahasiswi di ui juga hehe😀 boleh minta alamat email/fb yg bisa dihubungi gak? Mau nanya2 tentang AUN kalo boleh, makasiih🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s