[Untuk dirimu yang tak pernah kukenal] Sulung

Hai Uda! Aku tahu ini bukan tanggal 9 Mei seperti biasanya aku melayangkan surat. Tapi rasanya tidak bisa dibendung. Untuk malam ini saja, boleh ya?

Uda, tahu nggak, pernah aku kenalan sama seseorang, kira-kira begini percakapannya:
“Ci, lo sulung?”
“Hmm, iya.. kenapa emang?”
“Gapapa soalnya katanya anak sulung biasanya bossy”
Hohoho. Aku akui akhir-akhir ini aku bossy, da. Dituntut untuk bisa meminta orang lain melakukan sesuatu. Awalnya tertantang, tapi rasanya kok bukan aku.

Lupakan soal bossy, da. Hari ini aku baca sebuah buku, Sabtu Bersama Ayah-nya Aditya Mulya. Masih minjem sih sama Nay, tapi suatu hari nanti aku akan beli sendiri. Sebuah buku yang akan aku rekomendasikan untuk semua calon ayah dan ayah di seluruh dunia ini.

Ada sebuah kutipan perkataan sang Bapak di buku itu. Begini katanya:

Seorang anak, tidak wajib menjadi baik atau pintar hanya karena dia sulung. Nanti yang sulung benci sama takdirnya dan si bungsu tidak belajar tanggung jawab dengan cara yang sama. Semua anak wajib menjadi baik dan pintar karena memang itu yang sebaiknya semua manusia lakukan.

Da, aku sudah berhasil jadi panutankah? Apa malah berbalik menyakiti mereka karena akhirnya malah sering dibanding-bandingkan?

Da, turun sebentar dong dari surga yang nyaman itu..
Ajari aku..

Soal bagaimana menyampaikan kata butuh..
Soal memperlihatkan betapa aku pun juga bisa butuh dia, mereka..
Soal bagaimana membuktikan aku tetap bukan manusia super yang bisa segalanya..
Agar bisa menyampaikannya dengan tulus.. dan sampai ke hati…

Lalu, beritahu aku..
Kepada siapa, sebenarnya aku akhirnya bisa, boleh, dan berhak untuk bergantung…

Be more and more strongeer!

Leave a Reply

