Informasi PPDB MAN Insan Cendekia Serpong 2011/2012

Insan Cendekia

A. Persyaratan

1. Mengisi formulir pendaftaran
2. Peserta Didik kelas IX MTs/SMP pada tahun pelajaran 2010/2011.
3. Berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2011
4. Pada semester 1 kelas IX tahun pelajaran 2010/2011 peserta didik yang bersangkutan berada pada peringkat terbaik (dengan melampirkan surat pernyataan kepala madrasah/sekolah yang dibuat secara kolektif sebagaimana contoh terlampir) pada madrasah/sekolah
dengan ketentuan sebagai berikut:
a) Peringkat terbaik 1 – 5 dari peserta didik yang beminat masuk MAN Insan Cendekia dalam satu sekolah/ madrasah bagi MTs/SMP yang memiliki rombongan belajar 1 – 3 kelas;
b) Peringkat terbaik 1 – 7 dari peserta didik yang beminat masuk MAN Insan Cendekia dalam satu sekolah/ madrasah bagi MTs/SMP yang memiliki rombongan belajar 4 – 5 kelas;
c) Peringkat terbaik 1 – 9 dari peserta didik yang beminat masuk MAN Insan Cendekia dalam satu sekolah/ madrasah bagi MTs/SMP yang memiliki rombongan belajar lebih dari 5 kelas.

Keterangan: rombongan belajar adalah jumlah total kelas IX pada madrasah/sekolah tahun pelajaran 2010/2011 termasuk di dalamnya kelas reguler, kelas unggulan, dan kelas akselerasi.

5. Menyerahkan surat keterangan peringkat terbaik pararel dari kepala madrasah/sekolah yang dibuat secara kolektif.
6. Menyerahkan fotokopi rapor lengkap sampai dengan kelas IX semester 1 yang telah dilegalisasi oleh madrasah/sekolah.
7. Menyerahkan pasfoto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4lembar.
8. Menyerahkan fotokopi akte kelahiran/kenal lahir
9. Melampirkan surat keterangan dari pimpinan pondok pesantren bagi peserta didik yang tinggal (menginap) dan belajar di MTs di Pondok Pesantren
10. Melampirkan surat pernyataan keabsahan data dan dokumen pendaftaran sebagaimana contoh terlampir
11. Mempunyai minat yang kuat untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi

B. Formulir Pendaftaran

Formulir pendaftaran dapat diperoleh di:
1. Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama
2. Bidang Mapenda Kanwil Kementerian Agama Provinsi
3. MAN Insan Cendekia Serpong dan Gorontalo
4. Website : Kementerian Agama (www.kemenag.go.id),
MAN Insan Cendekia Serpong (www.ic.sch.id),
MAN Insan Cendekia Gorontalo (www.icg.sch.id).

C. Waktu
Pendaftaran : 15 Maret – 9 April 2011 (cap pos)
Tes : Sabtu, 7 Mei 2011

D. Materi Tes
Materi tes penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia meliputi Tes
Bakat Skolastik (TBS) dan tes akademik mata pelajaran: Matematika, IPA,
Bahasa Inggris, Pendidikan Agama Islam, dan Bahasa Arab.

E. Tempat Tes
Tes penerimaan peserta didik baru MAN Insan Cendekia dilaksanakan di
Ibukota Provinsi. Jika jumlah peserta di provinsi tersebut kurang dari 30 orang,
pelaksanaan tes dilaksanakan di Ibukota Provinsi terdekat.

F. BIAYA
Selama proses seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MAN Insan
Cendekia tidak dipungut biaya dan bagi peserta yang lulus seleksi akan
mendapatkan biaya pendidikan selama belajar di MAN Insan Cendekia dari
Kementerian Agama.

G. Pendaftaran
Berkas pendaftaran dapat dikirimkan ke:
1. MAN Insan Cendekia Serpong : Jl. Cendekia BSD Sektor XI, Serpong,
Tangerang, Banten 15310, Telp (021) 7563578 – 80
2. MAN Insan Cendekia Gorontalo: Jl. Tapa-Suwawa Ds. Moutong, Kec.
Tilongkabila, Kab. Bone Bolango, Gorontalo, Telp. (0435) 823692

Informasi mengenai penerimaan peserta didik baru Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia tahun 2011 dapat dilihat pada file-file berikut:

1. Pengumuman PPDB MAN Insan Cendekia Tahun 2011

2. Panduan Pendaftaran

3. Formulir Pendaftaran

4. Petunjuk Pengisian Formulir

5. Contoh Surat Keterangan

Jika komputer yang Anda gunakan tidak dapat membuka file-file di atas, silakan download dan instal aplikasi pembaca file PDF berikut: PDF Reader.

Informasi lebih lanjut silakan menghubungi: Panitia Penerimaan Siswa Baru MAN Insan Cendekia Telepon: 021-7563578 Faks: 021-7563582 Email: ppdb@ic.sch.id

Ayo, buat kamu yang berpotensi dan berminat, segera daftar ya!

 

59 thoughts on “Informasi PPDB MAN Insan Cendekia Serpong 2011/2012

  1. PAK,…..caranya tes bakat skolastik itu bagaimana apa nunjukin piagam atau disana nanti di tes………………..?
    terima kasih

    1. bakat skolastik itu termasuk rangkaian tes masuk ke insan cendekia. jadi, setelah daftar dan lulus tes administrasi kamu bakal dipanggil untuk tes tulis dan salah satu tesnya adalah tes bakat skolastik. jadi ga perlu nunjukin piagam kok…🙂

      1. tes bakat itu kayak semacam tes IQ gitu lho..
        jadi ‘kecerdasan’ logika kita yang di tes. tesnya ada kemampuan verbal, logika matematika, dll. bisa belajar lewat buku2 psikotes kok…🙂

  2. Aku menemukan blognya farah, haha..
    Cara mudah menemukan blog anak IC : informasi PPDB, hahaha…
    Farah, ayo buat nametagnya.. (maaf aku jadi koor sedikit aneh)

    1. hmm… rombongan kelas ya, maksudnya?
      rombongan itu maksudnya di sekolah kamu kelas 3-nya ada berapa kelas. misalnya, ada kelas IX-1 ampe IX-5, berarti ada 5 rombongan kelas. Nah, anak2 yang boleh daftar adalah yang peringkat 1-7 dari ke-5 kelas itu. yang 3 rombongan kelas, berarti peringkat 1-5 dan yang rombongan kelasnya >5, peringkat 1-9. gitu.. gimana, paham?🙂

  3. assalamu’alaikm rohimakumullah… afwan, ana mw tanya… ad g sichh batas ketentuan yg msuk d’ ic?? ana brharap sekali masuk d’ic thn ini.. selain dpt wawasan yg lebih, ana ingin mengurangi beban biaya yg hrus d’kluarkn umii… mohon do’ax yaa….

    1. wa’alaikumsalam..
      batas ketentuan masuk ic ya?
      hmm.. sejauh yang saya tahu sih yang penting kan lolos tes administrasi (pastinya kamu harus peringkat kelas dan punya nilai raport yang bagus kalo mau lolos tahap ini). trus ikut tes tulisnya yang terdiri dari tes bakat skolastik (TBS) sama tes mata pelajaran. Setahu saya sih yang nilainya paling banyak dipertimbangin tuh nilai TBSnya. soalnya ic butuh anak yang ga cuma ‘pinter’, tapi juga ‘cerdas’. hehe.😀. jadi, rajin2 aja ngerjain soal2 psikotes.🙂
      iya, saya doakan bisa masuk ke ic. kamu juga harus tawakal ya.. ga cuma usaha yang dibutuhin.. gimana pun juga kan semuanya Allah yang menentukan. ok? mudah2an bisa masuk ya… ditunggu di ic.. (eh, tapi tahun depan saya sudah lulus sih… :D)

    1. di MAN Insan Cendekia Serpong itu 100% beasiswa lho… jadi kamu bebas biaya sekolah, asrama, makan, dll. paling2 kamu cuma bayar laundry, kas2 kelas, iuran2 buat acara OSIS ama uang saku kamu. enak kan? ga perlu mikirin biaya sekolah, kok..🙂

  4. asllm’alaikum
    o ya kak aq mo tanya emange msuk man ic itu susah ya?
    keliatannya kok aq denger2 dari temen2 kok susah gitu ya,.,
    oo ya aq juga mau tanya emange kehidupan dalam man ic itu kya’ di ponpes gak sih??
    tolong jawab ya makasih

    1. Hmm.. susah ga ya? Tahun ini yang daftar hampir 4000 orang sih.. mungkin susah kali ya.. haha. yang penting belajar dan berdoa ya!🙂

  5. Ass..Wr…Wb….
    mohon infonya untuk PSB th 2011/2012 IC Serpong selain jalur prestasi kira kira kapan dibuka dan persyaratannya bagaimana ?? dan kalau boleh tahu kontak yang bisa di hubungi. atas bantuannya diucapkan terima kasih
    Wass…Wr…Wb…

    1. wah, IC Serpong cuma punya satu jalur masuk tuh.. ya yang prestasi itu, dan udah ditutup pendaftarannya. tinggal nunggu hasil seleksi berkasnya aja. Hasil seleksi berkas diumumin tanggal 19 April 2011 nanti..🙂

    1. kayaknya ada deh. cek aja terus. yang pasti kalo kamu lulus tes administrasi, bakal ada surat langsung dari ic ke rumah kamu!🙂

  6. kak kok lama banget yaa hasil seleksi administrasinyaa:/ udah ga sabaaar hehee
    kaka kalau tes bahasa arabnya gimana ? thanks

  7. mau tnya kan sekrng udh tgal 19 april,co mash belum bisa d buka ce pengumuman hasil seleksi berkas ?????????? kpan ya d buka ya ????

  8. assalamu’alaiikum ..
    kak kemarin saya daftar ke IC ,, dan alhamdulillah saya lolos seleksi berkas . tapi sampai saat ini saya belum nerima surat pemanggilan tes !! . kalo ternyata saya gak dikirimin surat itu gimana ?? .
    tolong dijawab kak ..
    thanks before ! .

    1. wah, aku ga terlalu tahu sistem tahun ini. Mungkin kamu bisa langsung hubungi pihak ic aja. bisa jadi tahun ini memang ga ada surat panggilan tes, langsung tes aja mungkin ya..🙂
      btw, selamat ya, berjuang buat tes tulis!

  9. ass ..
    kak kmaren aku daftar k IC,, dan alhamdulillah aku lolos seleksi berkas . tapi sampai skrg aku belum nerima surat panggilan tes !! . jadi aku harus gimana ?? .

    thanks before ..

  10. assalamu’alaikum wr.wb
    kak, aku mau tanya..
    kalau buat tes bahasa arab biasanya tentang apa aja materinya ya?
    dan bagaimana saran untuk siswa/siswi yang belum bisa bahasa arab sama sekali?
    terimakasih atas jawabannya
    wassalamu’alaikum wr.wb

    1. hmm… tes bahasa Arabnya masih dasar banget kok. kalo emang kamu bukan dari MTs atau ponpes, belajar aja bahasa arab dasar, awal-awal banget kaya ” ini adalah..” dsb. belajar aja lewat buku kelas VII MTs. mungkin bisa membantu. Tapi setau aku sih, tes yang bobot nilainya paling berat itu tes bakat skolastik (TBS)-nya.. (harus di atas 1000). jadi, fokus di TBS aja, tapi ya jangan lupa belajar buat pelajaran lainnya juga sih… dan berdoa!🙂

  11. assalamu’alaikum…..
    maaf, aku mw tanya, ko surat panggilannya belum datang juga ya ??
    padahal testnya khan 5 hari lagi, gimana donx ??
    mohon bantuannya…. trims ..
    wassalam…🙂

    1. wah, aku ga terlalu tahu sistem tahun ini. Mungkin kamu bisa langsung hubungi pihak ic aja. bisa jadi tahun ini memang ga ada surat panggilan tes, langsung tes aja mungkin ya..🙂

    1. waduh, aku kurang tahu deh…
      tunggu aja ya surat yang bakal dateng ke rumah kamu..
      kalo kamu diterima di IC…
      ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s